Shariah Life

Live Under The Islamic Shariah

Memperoleh Pembiayaan dari Bank Syariah

Posted by shariahlife on January 16, 2007

Tulisan: M. Syafii Antonio, MSc

A. Urgensi Meminjam Dana untuk Usaha

Dalam Islam, manusia diwajibkan untuk berusaha agar ia mendapatkan rezeki guna memenuhi kebutuhan kehidupannya. Islam juga mengajarkan kepada manusia bahwa Allah Maha Pemurah sehingga rezeki-Nya sangat luas. Bahkan, Allah tidak memberikan rezeki itu kepada kaum muslimin saja, tetapi kepada siapa saja yang bekerja keras.

Banyak ayat Al-Qur`an dan hadits Nabi saw. yang memerintahkan manusia agar bekerja. Manusia dapat bekerja apa saja, yang penting tidak melanggar garis-garis yang telah ditentukan-Nya. Ia bisa melakukan aktivitas produksi, seperti pertanian, perkebunan, peternakan, pengolahan makanan dan minuman, dan sebagainya. Ia juga dapat melakukan aktivitas distribusi, seperti perdagangan; atau dalam bidang jasa, seperti transportasi, kesehatan, dan sebagainya.
Untuk memulai usaha seperti ini diperlukan modal, seberapa pun kecilnya. Adakalanya orang mendapatkan modal dari simpanannya atau dari keluarganya. Adapula yang meminjam kepada rekan-rekannya. Jika tidak tersedia, peran institusi keuangan menjadi sangat penting karena dapat menyediakan modal bagi orang yang ingin berusaha.

Dalam Islam, hubungan pinjam-meminjam tidak dilarang , bahkan dianjurkan agar terjadi hubungan saling menguntungkan, yang pada gilirannya berakibat kepada hubungan persaudaraan. Hal yang perlu diperhatikan adalah apabila hubungan itu tidak mengikuti aturan yang diajarkan oleh Islam. Karena itu, pihak-pihak yang berhubungan harus mengikuti etika yang digariskan oleh Islam.

B. Etika Meminjam Secara Islami

Dalam perbankan syariah, sebenarnya penggunaan kata pinjam-meminjam kurang tepat digunakan disebabkan dua hal. Pertama, pinjaman merupakan salah satu metode hubungan finansial dalam Islam. Masih banyak metode yang diajarkan oleh syariah selain pinjaman, seperti jual beli, bagi hasil, sewa, dan sebagainya. Kedua, dalam Islam, pinjam-meminjam adalah akad sosial, bukan akad komersial. Artinya, bila seseorang meminjam sesuatu, ia tidak boleh disyaratkan untuk memberikan tambahan atas pokok pinjamannya. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi saw. yang mengatakan bahwa setiap pinjaman yang menghasilkan manfaat adalah riba, sedangkan para ulama sepakat bahwa riba itu haram. Karena itu, dalam perbankan syariah, pinjaman tidak disebut kredit, tapi pembiayaan (financing).

Jika seseorang datang kepada bank syariah dan ingin meminjam dana untuk membeli barang tertentu, misalnya mobil atau rumah, suka atau tidak ia harus melakukan jual beli dengan bank syariah. Di sini, bank syariah bertindak selaku penjual dan nasabah bertindak selaku pembeli. Jika bank memberikan pinjaman (dalam pengertian konvensional) kepada nasabah untuk membeli barang-barang itu, bank tidak boleh mengambil keuntungan dari pinjaman itu. Sebagai lembaga komersial yang mengharapkan keuntungan, bank syariah tentu tidak mungkin melakukannya. Karena itu, harus dilakukan jual beli, di mana bank syariah dapat mengambil keuntungan dari harga barang yang dijual dan keuntungan dari jual beli dibolehkan dalam Islam (al-Baqarah: 275).

Lain pula halnya untuk keperluan usaha seperti bertani. Bank dan petani dalam hal ini dapat menyepakati kerja sama yang saling menguntungkan bagi mereka. Biasanya ada dua pilihan, yaitu menggunakan skema bai’ as-salam atau bagi hasil. Jika menggunakan bai’ as-salam, bank bertindak sebagai pembeli dan petani sebagai penjual. Bank membeli gabah dari petani dengan harga, kualitas, dan kuantitas yang disepakati saat diserahkan pada waktu yang akan datang, misalnya tiga bulan kemudian. Bank lalu membayar sesudah dilakukan perjanjian. Ketika jatuh tempo, petani berkewajiban untuk menyerahkan barang yang dibeli itu (gabah). Gabah itu bisa dijual lagi kepada pihak lain dan bank mendapat keuntungan darinya. Jika usaha pertanian seperti di atas menggunakan bagi hasil, bank menyediakan modalnya, sedangkan petani menjadi penggarapnya. Keduanya harus menyepakati pembagian hasil sebelum petani memulai garapannya.

Contoh lainnya adalah perdagangan. Karena dalam perdagangan umumnya ada perputaran dana, nasabah dapat mengajukan pembiayaan mudharabah. Bank dan nasabah dapat berbagi hasil/keuntungan dengan memperkirakan perputaran rata-rata omzet pada tiap bulannya.

C. Syarat Administratif

Seperti juga dalam perbankan konvensional, perbankan syariah menetapkan syarat-syarat umum untuk sebuah pembiayaan, seperti hal-hal berikut.
1. Surat permohonan tertulis, dengan dilampiri proposal yang memuat (antara lain) gambaran umum usaha, rencana atau prospek usaha, rincian dan rencana penggunaan dana, jumlah kebutuhan dana, dan jangka waktu penggunaan dana.
2. Legalitas usaha, seperti identitas diri, akta pendirian usaha, surat izin umum perusahaan, dan tanda daftar perusahaan.
3. Laporan keuangan, seperti neraca dan laporan rugi laba, data persediaan terakhir, data penjualan, dan fotokopi rekening bank.

D. Contoh-Contoh Perhitungan Praktis

1. Al-Murabahah
Misalkan seorang nasabah ingin memiliki sebuah motor. Ia dapat datang ke bank syariah dan memohon agar bank membelikannya. Setelah diteliti dan dinyatakan dapat diberikan, bank membelikan motor tersebut dan diberikan kepada nasabah. Jika harga motor tersebut 4 juta rupiah dan bank ingin mendapat keuntungan Rp800.000,00 selama dua tahun, harga yang ditetapkan kepada nasabah seharga Rp4.800.000,00. Nasabah dapat mencicil pembayaran tersebut Rp200.000,00 per bulan.

2. Bai’ as-Salam
Seorang petani memerlukan dana sekitar 2 juta rupiah untuk mengolah sawahnya seluas satu hektar. Ia datang ke bank dan mengajukan permohonan dana untuk keperluan itu. Setelah diteliti dan dinyatakan dapat diberikan, bank melakukan akad bai’ as-salam dengan petani, di mana bank akan membeli gabah, misalnya, jenis IR dari petani untuk jangka waktu empat bulan sebanyak 2 ton dengan harga Rp2.000.000,00. Pada saat jatuh tempo, petani harus menyetorkan gabah yang dimaksud kepada bank. Jika bank tidak membutuhkan gabah untuk “keperluannya sendiri”, bank dapat menjualnya kepada pihak lain atau meminta petani mencarikan pembelinya dengan harga yang lebih tinggi, misalnya Rp1.200,00 per kilogram. Dengan demikian, keuntungan bank dalam hal ini adalah Rp400.000 atau (Rp 200 x 2000 kg).

3. Bai’ al-Istishna’
Seseorang yang ingin membangun atau merenovasi rumah dapat mengajukan permohonan dana untuk keperluan itu dengan cara bai’ al-istishna’. Dalam akad bai’ al-istishna’, bank berlaku sebagai penjual yang menawarkan pembangunan/renovasi rumah. Bank lalu membeli/memberikan dana, misalnya Rp30.000.000,00 secara bertahap. Setelah rumah itu jadi, secara hukum Islam rumah/atau hasil renovasi rumah itu masih menjadi milik bank dan sampai tahap ini akad istishna’ sebenarnya telah selesai. Karena bank tidak ingin memiliki rumah tersebut, bank menjualnya kepada nasabah dengan harga dan waktu yang disepakati, misalnya Rp39.000.000,00 dengan jangka waktu pembayaran 3 tahun. Dengan demikian, bank mendapat keuntungan Rp9.000.000,00.

4. Al-Mudharabah
Seorang pedagang yang memerlukan modal untuk berdagang dapat mengajukan permohonan untuk pembiayaan bagi hasil seperti mudharabah, di mana bank bertindak selaku shahibul maal dan nasabah selaku mudharib. Caranya adalah dengan menghitung dulu perkiraan pendapatan yang akan diperoleh nasabah dari proyek yang bersangkutan. Misalnya, dari modal Rp30.000.000,00 diperoleh pendapatan Rp5.000.000,00 per bulan. Dari pendapatan ini harus disisihkan dahulu untuk tabungan pengembalian modal, misalnya Rp2.000.000,00. Selebihnya dibagi antara bank dengan nasabah dengan kesepakatan di muka, misalnya 60% untuk nasabah dan 40% untuk bank.

5. Musyarakah
Pak Usman adalah seorang pengusaha yang akan melaksanakan suatu proyek. Usaha tersebut membutuhkan modal sejumlah Rp100.000.000,00. Ternyata, setelah dihitung, Pak Usman hanya memiliki Rp50.000.000,00 atau 50% dari modal yang diperlukan. Pak Usman kemudian datang ke sebuah bank syariah untuk mengajukan pembiayaan dengan skema musyarakah. Dalam hal ini, kebutuhan terhadap modal sejumlah Rp100.000.000,00 dipenuhi 50% dari nasabah dan 50% dari bank. Setelah proyek selesai, nasabah mengembalikan dana tersebut bersama bagi hasil yang telah disepakati untuk bank.

Seandainya keuntungan dari proyek tersebut adalah Rp20.000.000,00 dan nisbah atau porsi bagi hasil yang disepakati adalah 50:50 (50% untuk nasabah dan 50% untuk bank), pada akhir proyek Pak Usman harus mengembalikan dana sebesar Rp50.000.000,00 (dana pinjaman dari bank) ditambah Rp10.000.000,00 (50% dari keuntungan untuk bank).

6. Musyarakah Mutanaqishah
Nasabah dan bank berkongsi dalam pengadaan suatu barang (biasanya rumah atau kendaraan), misalnya 30% dari nasabah dan 70% dari bank. Untuk memiliki barang tersebut, nasabah harus membayar kepada bank sebesar porsi yang dimiliki bank. Karena pembayarannya dilakukan secara angsuran, penurunan porsi kepemilikan bank pun berkurang secara proporsional sesuai dengan besarnya angsuran. Barang yang telah dibeli secara kongsi tadi baru akan menjadi milik nasabah setelah porsi nasabah menjadi 100% dan porsi bank 0%.

Jika kita mengambil rumah sebagai contoh kasus, perhitungannya adalah sebagai berikut. Harga rumah, misalnya, Rp100.000.000,00. Bank berkontribusi Rp70.000.000,00 dan nasabah Rp30.000.000,00. Karena kedua pihak (bank dan nasabah) telah berkongsi, bank memiliki 70% saham rumah, sedangkan nasabah memiliki 30% kepemilikan rumah. Dalam syariah Islam, barang milik perkongsian bisa disewakan kepada siapa pun, termasuk kepada anggota perkongsian itu sendiri, dalam hal ini adalah nasabah.

Seandainya sewa yang dibayarkan penyewa (nasabah) adalah Rp1.000.000,00 per bulan, pada realisasinya Rp700.000,00 akan menjadi milik bank dan Rp300.000,00 merupakan bagian nasabah. Akan tetapi, karena nasabah pada hakikatnya ingin memiliki rumah itu, uang sejumlah Rp300.000,00 itu dijadikan sebagai pembelian saham dari porsi bank. Dengan demikian, saham nasabah setiap bulan akan semakin besar dan saham bank semakin kecil. Pada akhirnya, nasabah akan memiliki 100% saham dan bank tidak lagi memiliki saham atas rumah tersebut. Itulah yang disebut dengan perkongsian yang mengecil atau musyarakah muntanaqishah atau disebut juga dengan decreasing participation dari pihak bank.

7. Al-Ijarah
Bank syariah yang mengoperasikan ijarah dapat melakukan leasing, baik operational lease maupun financial lease. Akan tetapi, pada umumnya, bank-bank syariah lebih banyak melaksanakan financial lease with purchase option atau ijarah muntahia bit-tamlik. Hal ini karena skema ini lebih sederhana dari sisi pembukuan dan bank tidak direpotkan oleh beban pemeliharaan aset. Ditinjau dari hal tersebut, ijarah lebih sering dipakai untuk pembiayaan investasi dan customer loan.

Sebagai contoh, seorang nasabah yang sedang melakukan proyek pembangunan jalan raya, memerlukan alat-alat berat sebagai penunjang operasinya. Karena keberadaan alat tersebut hanya dibutuhkan pada saat dia sedang melaksanakan proyek, dia memutuskan untuk tidak membeli peralatan itu, melainkan menyewanya. Akan tetapi, jika ternyata alat-alat tersebut akan terus dibutuhkan dan dia kemudian memutuskan untuk membelinya, dia bisa melakukannya dengan ijarah muntahia bit-tamlik, yaitu menyewa peralatan tersebut dan pada akhir masa sewa, dia membelinya.

sumber : Tazkia Cendekia

52 Responses to “Memperoleh Pembiayaan dari Bank Syariah”

  1. indra yulvie perdana said

    tolong perhitungan pembelian motor seharga Rp, 12.685.000,- dengan uang muka 20%

  2. seisworks said

    saya bermaksud mencari pembiayaan untuk pembelian tanah untuk keperluan pribadi (non komersial) dengan nilai 100 juta, pertanyaannya:

    1. Bank Syariah mana sajakah yang dapat membantu?
    2. Apa sajakah syaratnya?
    3. Adakah syarat pengganti untuk jaminan? dikarena saya pasangan muda (tidak memiliki agunan), namun penghasilan IDR.1x.xxx.xxx / bulan

    jazakallah khoyr

  3. Ir. Budi Susilabudiyatna said

    Saya memiliki hutang kartu kerdit 3 tahun yang lalu, dan sekarang saya mulai mencicil karena 2,5 tahun yang lalu sampai sekarang kerja di perusahaan tambang. tetapi setiap pengajuan ke bank selalu ditolak dan alasan ada hutang di bank lain.
    Apakah saya bisa mengajukan dana untuk pembangunan rumah cara syariah ke bank di bandung.

  4. dwinita said

    saya ingin memperoleh rumus dalam menghitung nisbah :
    1. tabungan mudarabah (bisa ketemu 60 : 40 misalnya, itu bagaimana?)
    2. nisbah untuk pembiayaan mudarabah (bisa ketemu 55 : 45 misalnya , itu bagaimana)
    terima kasih
    salam

  5. jati said

    saya bermaksud mencari pembiayaan untuk pembelian tanah untuk kebun sawit dengan nilai 40 juta, pertanyaannya:

    1. Bank Syariah mana sajakah yang dapat membantu?
    2. Apa sajakah syaratnya?
    3. Adakah syarat pengganti untuk jaminan? Kami hanya punya sk PNS dan SK karyawan swasta

  6. arief said

    halo, sy dari bandung… saya ingin pinjaman uang untuk membeli sepeda motor seharga 20 jt(cash), apakah bisa??? sy ingin mencicil biaya pinjaman selama 3 tahun…!!! bunganya berapa ya??? serta saya harus membayar berapa setiap bulannya???

  7. Hendro Baskoro said

    Assallammualaikum,
    saya,dijakarta 4 bulan lalu saya berhenti bekerja,dan ingin memulai usaha sendiri,usaha yang akan saya jalankan bergerak dalam bidang furnite dan interior saya memiliki tempat ,alat2 ,dan sumber daya manusia yang mau bekerja dengan saya. beberapa penawaran sempat saya terima cuma dikarenakan modal yang saya miliki relatif kurang untuk proyek yang ditawarkan kepada saya kendala saya adalah modal,pertanyaannya.bagaimana mencari pinjaman modal sebesar 50,Jt secara syariah dan perhitungannya,dan dimana saya bisa mendapatkannya,.

    Terima Kasih.

  8. moeryanto said

    sy ingin membeli tanah seluas 80m2 dari luas 270m2 tanah bersertifikat yg dimiliki oleh saudara sy,
    1. di bank syariah manakah sy bisa melakukan murabahah tersebut ?
    2. bagaimana proses ?
    3. apakah sy harus lngsung memecah sertifikat tanah tersebut atas nama sy sebagai jaminan ataukah cukup akta jual beli saja ?
    4. apakah harga tanah ditentukan oleh bank atokah negosiasi saya dengan penjual ?

  9. jumari said

    saya mau pinjam anag 10.000.000 untuk perbaikan rumah dalam jangka waktu 24 bulan mohon bantuan utuk perhitungn dan persyaratanya

  10. anto said

    Assallammualaikum

    Saya mempunyai toko komputer, selain melakukan penjualan secara cash saya berniat melakukan penjualan secara kredit tetapi secara keuangan cukup pas-pasan sehingga untuk penjualan secara kredit saya berniat melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan syariah. Lokasi saya di Bandung dan beberapa referensi yang saya peroleh kebanyakan leasing syariah ada di Jakarta sedang di Bandung belum saya ketahui. Mohon referensi lembaga keuangan syariah yang memungkinkan bagi saya untuk kerjasama. Terima kasih

    Wassalamualaikum

  11. andri sulistyono said

    asw, saya seorang penganggur, saya ingin meminjam uang ke bank syariah sebesar 3 juta dengan jaminan bpkb motor dengan jatuh tempo dua tahun, terus utang dibayar ketika jatuh tempo, apa bisa ? saya tidak memunyai pekerjaan atau usaha apa pun selama ini…da saya belum menikah…

  12. jono sutanto said

    saya seorang cina dan sudah wni ,berusaha dalam perdagangan elektronika dan alat listrik dengan omset penjualan lebih kurang 25juta perbulan .karena usaha saya lakukan sendiri jadi tidak ada yg namanya pembukuan atau neraca rugi laba.bisakah saya pinjam modal untuk usaha dan apa saratnya.modal yg saya butuhkan sekitar 50juta.dan tentunya pengembaliannya tdk memberatkan.

  13. Hafidz.... said

    Bismillah.
    Saya tinggal di Makassar, hendak merenovasi rumah dgn anggaran kurang lebih 30 jt,
    bgaimana perhitungannya. Rumah saya sebagiannya akan digunakan u usaha. Syukran.

  14. iqbal said

    assalamu’alaikum
    saya mempunyai mobil kredit pickup, dan sekarang alhamdulilah tinggal sekitar 8 bulan lagi yang harus diselesaikan.
    tapi saat ini saya sedikit kesulitan untuk membayar perbulannya karena saat ini usaha saya sedang kekurangan bahan olahan ( bahan olahan nya sudah mulai terbatas) sehingga pendapatan saya sedikit menurun. rencana saya, ingin mencoba over lesing ke bank syariah tapi saya tidak tau ke bank syariah mana yang harus saya datangin?
    email saya di ponco81ags@yahoo.com
    hp: 087895416756

  15. Yana said

    Saya ingin meminjamkan teman saya uang 2jt untuk kuliah,secara islami apakah itu bisa termasuk dalam kategori jual beli?terimakasih..

  16. Mr Royal Stallon said

    Halo

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda perlu
    Uang untuk membayar tagihan Anda, kami menawarkan layanan terbaik yang kita bisa.
    Pinjaman ini dapat membantu Anda yang membutuhkan pada tingkat bunga yang sangat rendah
    2,5% bunga rate.Interested, silahkan hubungi kami melalui
    stallon.loanfirm@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang mendapatkan
    pinjaman.

    Informasi awal yang diperlukan:

    Nama Anda:
    Negara:
    Alamat:
    Nomer Telpon:
    Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
    Pinjaman Jangka waktu:
    Tujuan kredit:
    Pekerjaan:
    Prsonal Telpon:
    Penghasilan bulanan:

    Setelah kami menerima informasi awal, kami akan mengirimkan syarat dan
    kondisi
    membimbing program kredit kami.

    Terima kasih

  17. A.Rahman. said

    Assalamu ‘Alaikum Wr.Wb.Dengan hormat,mohon maaf sebelumnya.Saya seorang pedagang pakaian jadi/konveksi yang berdomisili di Tarakan Kalimantan Timur,apakah kami boleh mengajukan pinjaman dana Syariah,mengingat tempat berdomisili kami yang jauh.Kalau boleh Alhamdulillah.Yang ingin kami tanyakan,bagaimana persyaratannya,menggunakan agunan ataukah KTA,berapa pagu maksimalnya + marginnya dan tenor dari pinjaman tersebut.Atau kalau boleh,tolong nomor telepon/ponsel yang bisa kami hubungi untuk konfirmasi seputar hal tersebut di atas.Terima kasih,Wassalam.(081347215758).

  18. iqbal said

    asslm
    saya iqbal, saya kredit mobil l300 selama 3 th dan sekarang tinggal 8 bln lagi. saya rencana ingin meminjam dana untuk melunaskan mobil tersebut dan otomatis bpkb langsung ketangan yang meminjamkan atau over leasing.
    apakah di lembaga bpk bisa membantu saya?
    syratnya bagaimana?
    phone/sms; 087895416756
    email; ponco81ags@yahoo.com

  19. Sofyan,SP said

    Assalam,
    Apa betul tanpa agunan.Tolong kirimkan kami alamat kantor anda + nama pimpinannya,beserta nomor telpon kantor dan nomor HP yang bisa kami hubungi.Siapa tahu aja penipuan.Saya tunggu info dari Bapak.Terima kasih.

  20. Agung said

    Assalamu’alaikum
    Saya adalah seorang business consultant dan
    Ingin investasi dibidang perdagangan emas
    Dengan modal sekitar 100jt. Dan saya dapat menjamin
    Pengembalian modal tersebut selam 7-8bulan saja.
    Apa sajakah syarat yang harus dipenuhi?
    Dan mohon saran bank syariah mana yang dapat dipercaya?
    Trimakasih banyak dan saya mengharapkan balasan ny ke e-mail saya
    agung_sulis21@yahoo.co.id atau ke no hp saya 08567131909
    Wassalam

  21. Lucky said

    Assalamu’alaikum
    Saya seorang karyawan dan ingin meminjam uang sebesar 20 jt untuk biaya pernikahan adik dengan jaminan sertifikat tanah + bangunan.
    apa saja syarat yang haru saya penuhi?
    Dan mohon saran bank syariah yang terdekat, saya berada di daerah cengkareng?
    trimakasih dan mohon balasannya, dan rincian pembayarannya dapat diemail ke saya L.Tanti212@gmail.com atau telp 02194042615
    Wassalam

  22. yuni said

    Asalamualaikum.
    Mf bp/ibu saya mahasiswa ingin pinjam uang 100juta, untuk membuka warnet, dan untuk usaha sambilan lain, saya akan bertanggung jawap penuh atas pengembalian uang tersebut. mhon saran bank syariah apa yang etrdekat di daerah subang, jawa barat. atau di bandung, karena sy kos di bandung. trimakasih sebelumnya,dan mhon rincian pembayarannya di sms kan saja ke 085795107616

  23. hasman halim said

    hasman halim

    sy seorang developer perumahan,sy mau memulai membangun tp sy butuh dana sekitar 200jt untuk membeli lahan yang mw sy bgn perumahan….
    apakah bank syariah bisa membantu

  24. Erna said

    Erna Tri W,

    Assalam mualaikum Wr. Wb.

    Saya mempunyai usaha warnet, rental, dan digital (foto). tetapi modal yang saya pakai dulunya dari koperasi yang bunganya cukup tinggi dan saya harus membayarnya tiap hari, kondisi ini sangat membuat usaha saya tidak stabil apalagi suami saya sekarang tidak bekerja lagi. apakah saya bisa meminjam dana dari bank syariah dengan pembayaran 1 bulan atau sistem Al-Mudharabah. kami memerlukan dana sekitar 25 juta itu untuk menutup koperasi saya tersebut dan tambahan modal usaha. mohon jawabannya ke email rntr_jpc@yahoo.com, telp. 0321-2900940.

    Wassalam

  25. harga emas terkini…

    [...]Memperoleh Pembiayaan dari Bank Syariah « Shariah Life[...]…

  26. marjoko said

    marjoko.

    Assalam mualaikum Wr. Wb.

    saya ingin memiliki Rumah di daerah Cimanggis Depok, tepatnya di Pura Cimanggis Indah Jl. raya Gas Alam yg Ingin saya tanyakan bisa tidak dari pihak Bang Syariha Mandiri Menjembatani untuk Maksud saya tersebut, dan berapa bunganya pertahun, ( Harga Rumah Rp.212,416,000 tipe 22) saya mohon masukanya dan bantuannya, Terima kasih

  27. marjoko said

    marjoko.

    Assalam mualaikum Wr. Wb.

    saya ingin memiliki Rumah di daerah Cimanggis Depok, tepatnya di Pura Cimanggis Indah Jl. raya Gas Alam yg Ingin saya tanyakan bisa tidak dari pihak Bang Syariha Mandiri Menjembatani untuk Maksud saya tersebut, dan berapa bunganya pertahun, ( Harga Rumah Rp.212,416,000 tipe 22, luas tanah 80 m) saya mohon masukanya dan bantuannya, Terima kasih

  28. rosyid said

    saya lagi perlu modal untuk biaya wisuda dan buat tambah modal usaha
    pekerjaan saya sebagai karyawan di smpn, dan service komputer
    saya pengen pinjam uang 10 jt
    persyaratan pinjam uang di bank syariah gimana…..
    saya punya BPKB spedah honda cs 1 tahun 2009

  29. kembang…

    [...]Memperoleh Pembiayaan dari Bank Syariah « Shariah Life[...]…

  30. SUTRISNO said

    siang saya mau mengajukan pinjaman sebesar 50jt untuk penambahan usaha penggemukan sapi potong dan sdah sy hubungi pegawai BSM tuk ambil persyratan yg diminta tapi sampai skrg tdk jelas mohon diperhatikan calon nasabah yg betul2 membutuhkan . trima kasih.

  31. Jual Beli Kaskus Online…

    [...]Memperoleh Pembiayaan dari Bank Syariah « Shariah Life[...]…

  32. edo said

    Ass Wr Wb Saya mempunyai motor kawasaki athlete th 2009 dan bermaksud ingin menggadaikan bpkbnya di bank syariah. Berapa pembiayaan yg saya dapat atas motor tsb + cicilan s/d setahun dan dmn bank syariah di wilayah ciputat? Seblum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

  33. Hendry said

    Ass… Saya mempunyai rumah dan bermaksud menggadaikan sertifikat rumah, dana yang saya butuhkan sekitar 20 juta rupiah dan saya mampu membayar angsuran Rp. 500 ribu per bulan. Apakah bisa di bantu?

  34. Muhammad Ivan Toffani said

    Askum, saya memiliki motor tahun 2005 yang saya gadaikan sebesar 4 juta rupiah. Apakah saya bisa di bantu untuk melunasi tagihan tersebut ?

  35. herman said

    HERMAN

    assalamu alaikum wr.wb.

    saya ingin membangun usaha yaitu usaha kos-kosan untuk mahasiswa, dana yg saya butuhkan sekitar 1,3 M.

    • herman said

      cara memperoleh pinjaman, gaman? dan saya harus menyiapkkan dokumen yang sprti apa?
      terimah kasih
      assalmu alaikum wr.wb

  36. AHMAD said

    kalau misalkan saya meminjam uang di bank syariah untuk keperluan membeli kebon, tapi saya tidak mempunyai jaminannya. misalkan kalau jaminannya sertifikat kebon itu sendiri (yang saya beli) BISA/TIDAK….?

  37. saya mau pinjam uang saya bekerja Di luar negeri tapi saya punya gaji tetap Dan aka Di cicil perbulan

  38. Herdiyansyah said

    Asalamualaikum,,,,,,saya dari kediri syarat-syarat apakah yang bisa jadi jaminan untuk pinjam ke bank muamalat dalam akad yg berislami,saya butuh modal untuk usaha yang sedang saya lakukan untuk memperbesar bisnis saya.
    wassalam..

  39. I’m extremely impressed with your writing skills as well as with the layout
    on your blog. Is this a paid theme or did you modify
    it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it’s rare to see a great blog like
    this one these days.

  40. Hello There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article.
    I’ll make sure to bookmark it and come back to read more of
    your useful information. Thanks for the post. I will definitely comeback.

  41. nofita said

    Saya minta jenis pembiayaan mikro dengan pembiayaan haji di bank BRI syariah, dan contoh analisis kelayakan pembiayaan serta hitung-hitungannya. Terima kasih

  42. Hari Baik:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak pertanian untuk memecahkan atau improove kebutuhan keuangan peternakan Anda, Kami Tawarkan pinjaman mulai dari $ 5,000.00 sampai $ 50,000,000.00 Max, kita dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan 100% Dijamin Kami juga memberikan pinjaman dalam (Euro, Rupiah , Pounds dan Dolar) The suku bunga yang berlaku untuk semua Pinjaman ini (4%) jika Anda tertarik mendapatkan kembali kepada kami melalui ( success.finance@outlook.com ) dengan informasi di bawah.:

    Nama Lengkap Anda: ________________
    Negara: ____________
    Kota: ____________
    Alamat: ______________
    Jumlah Dibutuhkan: __________
    Durasi: ______________
    Tujuan Pinjaman: ____________
    Penghasilan Bulanan: ____________
    Umur: _____________
    Seks: ______________
    Pekerjaan: _________
    Nomor telepon: ___________

    Terima kasih.

  43. Allen Brown said

    Halo,
    Saya seorang pemberi pinjaman swasta dan investor uang, saya tertarik
    pendanaan rencana bisnis yang baik, kami menyediakan dana pembangunan, 100% dari perusahaan patungan
    Dana untuk berpenghasilan rendah, perumahan hutang yang besar, residu kecil
    DIP (debitur dalam kepemilikan), app. Ekuitas, tanpa bantuan multi-
    Keluarga & Jembatan Hidup Assisted, Commercial / Uang, Hard Mezzanine
    Sifat Program pendapatan, produksi, lahan komersial,
    Dengan pinjaman dan modal. Tertarik untuk mendapatkan Anda
    pembiayaan proyek, tingkat bunga kami adalah 2%.

    Best wishes,
    Allen Brown
    Email: alenbrownfinancialfunding2@gmail.com

  44. Saya basis Singapura di Amerika Serikat , saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scammed everywhere.Few bulan yang lalu saya secara finansial tegang , dan karena putus asa saya saya scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut mr robinson yang meminjamkan jumlah pinjaman usaha tanpa jaminan sebesar US $ 200 , 000 di bawah 24 jam tanpa stres , tapi aku mempercayai mereka dan melakukan apa mereka membutuhkan dariku .

    Jika Anda membutuhkan jenis pinjaman hanya menghubungi dia sekarang melalui e -mail : . Janesmithrobinson @ gmail com Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena neraka aku melewati di tangan orang-orang pemberi pinjaman penipuan . Dan aku tidak ingin bahkan musuh saya melewati neraka seperti yang saya melewati di tangan mereka peminjaman online penipuan .

    Saya juga akan ingin Anda untuk membantu saya meneruskan informasi ini kepada orang lain yang juga membutuhkan pinjaman setelah Anda juga menerima pinjaman Anda dari mr robinson , saya berdoa agar Tuhan harus memberinya umur panjang untuk membantu orang yang dapat diandalkan
    dalam kebutuhan , kontak nya janesmithrobinson@gmail.com

  45. Priest Johnson said

    Apakah Anda perlu mendesak / legit pinjaman? jika ya email kami di: johnsonleehelpfund@qq.com dengan informasi berikut,

    Nama Lengkap
    jumlah
    lamanya
    Nomor Telepon
    negara

  46. Ju Nita said

    Kalo untuk renovasi rumah bpkb motor apa bisa??
    Lalu saratnya apa saja?
    Terima kasih

  47. Mr Dannel Lawrence said

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN

    REPLY TO Email INI: goldloancompany514@gmail.com

  48. Halo, saya Mrs Emmanuel Ruth, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup pinjaman kesempatan waktu. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (emmanuelruth@outlook.com)

  49. syaiful said

    pak jhonsen ada nmrx yg bisa di hub

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: